Rabu, 02 Oktober 2013

PERANGKAT KOMPUTER



A.   Hardware Komputer
1.      CPU (Central Processing Unit)
Prosessor adalah otak sentral dari sebuah komputer. Prosessor adalah yang mengerjakan semua perintah yang sudah terprogram dan disimpan dalam harddisk. Dalam prosessor dikenal istilah frekuensi clock, yaitu kecepatan sebuah prosessor untuk mengerjakan perintah program dalam satu detik. Satuan frekuensi Clock dinyatakan dalam Herts (Hz).
Chip Processor

Dalam menyebut sebuah prosessor biasanya sudah termasuk frekuensi clocknya, contoh : intel pentium 4 2.0 GHz. Merk prosessor yang terkenal adalah INTEL dan AMD. INTEL adalah pabrik prosessor besar yang berasal dari California USA,
a.    Control Section;
§  Mengontrol dan mengkoordinir keseluruhan sistem komputer dalam melakukan pengolahan data
§  Mengawasi I/O devices
§  Memasukan dan memanggil data dari storage
§  Mengendalikan dan mengarahkan data Membimbing pengolahan data secara ALU
b.    ALU (Arithmatic Logic Unit)
§  Melaksanakan proses berupa aritmatic operation, logical operation dan BIT manipulation
§  Penghitungan, Pemindahan data, Pemilihan data, Penyatuan data, Penyusunan data, Membandingkan dsb.
c.    Internal Storage/Main storage
 Penyimpanan data maupun instruksi-instruksi yang sedang dijalankan
2.      Storage Device (external memory)
a.  RAM (Random Access Memory)
RAM (Random Acces Memory); Memori dapat dibaca dan ditulis, data yang terimpan tidak permanen artinya data dalam RAM akan hilang jika listrik mati. RAM bisa membaca dan menulis, DVD atau CD RAM lebih dikenal dengan istilah DVD-RW atau CD-RW (RW = Read Write) .
Ukuran data RAM dinyatakan dengan Byte (B) dan kecepatan akses RAM dinyatakan dengan Hertz (Hz). Jadi dalam RAM tidak cuma data saja, namun ada parameter lain yaitu kecepatan RAM. Kecepatan RAM harus sesuai dengan spesifikasi soket RAM pada motherboard.
Contoh beberapa merk RAM adalah V-gen , Kingston, Visipro, Ramos, dll. Generasi RAM dari waktu ke waktu :
 Static RAM (SRAM)
 Non Nolatile RAM (NV-RAM)
 Dynamic RAM (DRAM)
 Syncronous DRAM (SDRAM)
 DDR RAM (Dual data rate RAM)
 DDR II RAM (DDR generasi kedua)
 DDR III RAM (DDR generasi ketiga)
b.  ROM (Read Only Memory)
Memory hanya dapat dibaca saja, data yang tersimpan bersifat permanen.
Alat Penyimpanan
a.      Main Memory
Dipergunakan untuk menyimpan instruksi atau program dan data yang akan diproses serta hasil pemprosesannya (output pengolahan data).
Ukuran dari Main Memory ditunjukkan oleh satuan terkecilnya yakni Byte
Kilo Byte ( KB ) = 210 Byte
Mega Byte ( MB ) = 220 Byte
Giga Byte ( GB ) = 230 Byte
Terra Byte ( TB) = 240 Byte
1 Byte memory terdiri dari 8 Bit ( Binary Digit ), dimana setiap digit diwakili oleh digit 1 atau 0, sehingga membentuk kode pada lokasi memory ( address ) Sistem pengkodeannya dapat berbentuk BCD, SBCDIC, EBCDIC, atau kode ASCII.
b.      Register
Dipergunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses oleh CPU, sedang instruksi dan data lainnya yang menunggu giliran untuk diproses masih disimpan di memory utama.
c.      External Memory
Dipergunakan untuk menyimpan program dan data secara permanen (simpanan luar )

B.   Perangkat Lunak (Software)
       Software atau perangkat lunak adalah data yang disimpan pada media penyimpanan data permanen seperti harddisk/disket/cd-r. Perangkat lunak ini dibuat untuk menjalankan perangkat keras komputer sehingga dapat berjalan sesuai fungsi yang diinginkan. Dengan kata lain, software adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan pengolahan data.
Pengklasifikasian Perangkat Lunak Berdasarkan Fungsi
Berdasarkan fungsinya perangkat lunak dapat diklasifikasikan menjadi 2,   
yaitu:
1.   Perangkat lunak sistem
Dalam perkembangannya perangkat lunak sistem dapat dibagian menjadi 3 yaitu :
a.   Sistem Operasi (Operating system / OS / SO)
Saat komputer pertama kali di hidupkan, sistem operasilah yang pertama kali dijalankan, sistem operasi yang mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, memanejemen penggunaan memori dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian, contoh sistem operasi : DOS (Disk Operating System), Unix/Linux, Windows 95/ME/XP, IMB OS/2, Apple’s System (Macintosh).
b.   Bahasa Pemrograman (Programing Language)
Merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang di rancang manusia ke dalam format yang dapat di jalankan komputer, contoh bahasa pemrograman di antaranya : BASIC, COBOL, Pascal, C++, FORTRAN, Delphi, Visual Basic, Dll.
c.    Utility
Utilitas adalah program-program yang dipergunakan untuk mengelola sumber daya sistem komputer. Kebanyakan program utilitas diinstal bersama dengan sistem operasinya. program utilitas dapat berupa ScanDisk, Disk Cleanup, Disk Defragmenter dan Compressor (Kompresi). Contoh lain dari program utylity adalah : Third Party: AVG Free, WinZip & program-program Anti Virus. Device Driver adalah software (perangkat lunak) yang menjembatani antara hardware (perangkat keras) dengan system operasi.
• Diinstal bersama dengan instalasi perangkat keras.
• Sangat spesifik untuk perangkat keras tertentu.
• Dibuat oleh perusahaan pembuat perangkat keras.
• Biasanya bersifat gratis dan bisa didownload dari situs perusahaan 
   pembuat hardware.
Contoh : Driver untuk modem, printer, motherboard.
d.      Firmware
Firmware adalah program yang tersimpan pada ROM sebuah perangkat keras dan diisi secara bersamaan pada saat dibuatnya perangkat keras tersebut.
2.   Perangkat lunak aplikasi
Paket Aplikasi (package software) yaitu program yg sudah siap digunakan untuk suatu aplikasi tertentu yang sifatnya siap pakai dan praktis.
a.      Sebelum tahun 1990-an aplikasi yang di kenal yaitu pemroses kata (Word Star, Chi Write), pemroses tabel (Lotus 123, Quatro Pro), database (DBASE), dan hiburan (game). Pada perkembangan pemroses kata, tabel dan database saat ini telah di bundel menjadi aplikasi office. Contoh aplikasi office adalah Microsoft Office yang terdiri dari Word(pemroses kata), Excel (pemroses tabel), Access (database), dan PowerPoint (presentasi).
b.      Aplikasi multimedia. Contoh aplikasi multimedia adalah Winamp untuk memutar musik berformat MP3 atau CD Audio, kemudian RealPlayer yang dapat digunakan untuk menonton film atau VCD, dll.
c.      Aplikasi internet adalah protokol yang digunakan untuk berhubungan antara satu orang atau mesin dengan pihak lain yang berjauhan. Aplikasi internet akan menyangkut dua sisi, yaitu sisi penyedia (server) atau sisi pengguna (client). Aplikasi internet yang umum di gunakan adalah untuk browsing, e-mail, chatting dan messenger.
d.      Aplikasi yang bersifat khusus di antaranya untuk membantu pekerjaan Engineer seperti AutoCAD (gambar struktur), Protel (gambar rangkaian elektronik), dan Matlab (pemroses dan visualisasi persamaan matematis).
3.   Brainware (manusia-nya)
a.      System Analyst : berfungsi mempelajari, menganalisa, merancang, dan mebentuk suatu sistem/ prosedur pengolahan data secara elektronik berdasarkan aplikasi yang dipesan oleh pemakai jasa komputer.
b.     Programmer : yang bertugas didalam data processing programming berdasarkan program spsesialisasi
c.      Operator : yang bertugas mempersiapkan komputer untuk memproses suatu program mulai dari menghidupkan komputer, menjalankan (menghasilkan program-program komputer / aplikasi komputer)

Jenis Komputer Berdasarkan Data yang Diolah
a.  Analog Computer
Mengolah data kualitatif, bekerja kontinu secara terus menerus dengan menggunakan besaran fisik untuk menggambarkan data tersebut, seperti arus listrik, temperatur. Keuntungan : kemampuannya menerima data dalam besaran fisik dan langsung mengukur data tersebut tanpa harus dikonversikan terlebih dahulu, sehingga proses dari komputer analog lebih cepat. Kerugian : akurasinya kurang
b.  Digital Computer
Untuk mengolah data secara kuantitatif, bekerja berdasarkan operasi hitung, dengan menggunakan sinyal diskrit dari tinggi rendahnya tegangan, bersifat Scientific data processing. Keunggulan :
§  Memproses data lebih tepat terutama analisa aritmatik
§  Dapat menyimpan data.
§  Dapat melakukan operasi logika,
§  Data yang telah dimasukkan dapat dikoreksi atau dihapus.
§  Output dari komputer digital dapat berupa angka, huruf, grafik maupun gambar
c.    Hybrid Computer
Didalam aplikasi yang khusus dibutuhkan suatu komputer yang mampu menyelesaikan permasalahan lebih cepat dari komputer digital dan lebih cepat dari komputer analog. Komputer hybrid adalah kombinasi dari komputer analog dan komputer digital. Data yang diterima dalam bentuk angka atau huruf dan phisik.

Jenis Komputer Berdasarkan Kapasitas
a.    Mainframe
Mainframe adalah komputer yang processornya mempunyai kemampuan besar karena ditujukan untuk banyak pemakai.
b.    Minikomputer
Minikomputer adalah bentuk mini dari komputer mainframe, pemakaiannya terbatas hanya sampai puluhan dan mungkin ratusan terminal.
c.    Microkomputer
Microcomputer adalah komputer yang ditujukan untuk satu pemakai dengan satu pemakaian program apilkasi saat tertentu seperti PC, Desktop

Jenis Komputer Berdasarkan Penggunaan
a.    Special purpose computer
Pengolahan bersifat spesifik dan ditujukan kepada suatu bidang masalah tertentu Program terdapat di dalam komputer itu sendiri
b.    General purpose computer
Dibuat untuk tidak masalah tertentu tapi untuk memecahkan persoalan dengan variasi yang bermacammacam. Diberikan program yang berbeda untuk memecahkan masalah yang berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar